Buku Jadi Bekal Mudik

Assalamu’alaikum 

Hari ini kami mudik ke Malang, masih naik pesawat seperti tahun-tahun sebelumnya. Mungkin tahun depan udah naik kereta atau mobil demi pengiritan wkwk.

Satu hal yang membedakan dengan mudik sebelumnya adalah tahun ini perjalanan bebas gadget buat Aya. Huwaaaaow *amazing ke diri sendiri. 

Sebelumnya, Aya selalu saya bekali dengan tab yang diisi dengan cerita anak interaktif. Tujuannya biar dia anteng sepanjang perjalanan. Tapi karena akhir-akhir ini Aya jadi demanding banget sama TV dan HP, saya dan suami memutuskan untuk STOP memperlihatkan dia film bayi dan video youtube. Termasuk di pesawat.

Gantinyaaaa? Saya kasih dia buku. Rencananya sih bawa buku mewarnai dan crayon dari rumah. Tapi rencana tinggal rencana ya kan, karena saya keriweuhan dandan, lupa lah semua perkakas Aya. 

Ujungnya harus belanja buku di Periplus bandara, yang harga buku-bukunya bikin alis mengernyit. Tapi apa daya ya kan, juga itung-itung nambah koleksi buku Aya. 

Akhirnya kami beli buku nursery rhymes yang dilengkapi dengan mini piano. Sukses satu buku seharga 162ribu ini menemani Aya dari boarding di Bandara Halim sampai nunggu bagasi di Bandara Abdul Rahman Saleh. Aya anteng banget lihat gambar-gambar dan mencetin tuts piano sesuka hatinya.

Ohiya, pas di Periplus saya juga sempat beli buku #GIRLBOSS-nya Sophia Amoruso lhooo 🙂

Assalamu’alaikum

Aya Bercerita

Assalamu’alaikum

Aya kayaknya udah siap banget jadi kakak LOL senang banget kalau lihat bayi beneran dan bayi di film. Dua boneka bayi di rumah, si wawa dan wewe juga diperlakukan kayak adek bayi. Mulai dari dikasih dot, digendong, dipukpuk sambil boboan, sampai disuapin makanan :/

Hari ini pas dia lagi heboh main sama dua bonekanya, saya ajak baca buku. Sekalian ajak wawa dan wewe. Giliran Aya yang bacain buku wawa dan wewe, dia milih buku Halo Balita yang berjudul Aku Bisa Wudhu dan Sholat. Terus saya pancing-pancing dengan pertanyaan, seperti “Ini Sali lagi ngapain, ya? Terus gimana?” karena buku ini juga udah berkali-kali kami baca, mungkin Aya udah hapal atau dia hanya menceritakan gambar yang dia lihat.

Dia seru banget nunjukin “Ini Kumi sholat” terus duduk di samping boneka-bonekanya, seakan-akan lagi mendongengkan. Kocak banget gayanya kayak udah gede banget ya Allah bayikuuu :’)

Assalamu’alaikum

Buku “Aku Bilang Tolong”

Assalamu’alaikum

Hari ini saya dan Aya baca buku Seri Anak Hebat yang berjudul Aku Bilang Tolong.

Ceritanya tentang anak perempuan bernama Naura yang minta diambilkan mainan ke ibunya, tapi ga diturutin karena ga bilang tolong.

Baguuuus pesan moralnya buku ini, anak jadi tahu satu magic word, yaitu tolong, ga asal nyuruh aje ye kan. Aya sendiri masih suka lupa bilang tolong, setelah diingetin baru dengan senang hati menyebutkan 🙂 tinggal  mamaknya yang harus rajin mengulangi. Cemungudhhh!

Assalamu’alaikum

Still Not Good Enough

tumblr_op835bdLVm1w82faso1_500

tumblr

 

 

Assalamu’alaikum

Hari ini saya dapat teguran euy dari Allah 😦 teguran kedua sih selama Ramadhan tahun ini. Ramadhan di mana saya kayaknya baru kali ini sungguh-sungguh berdoa pengen jadi pribadi yang #makinbaik kayak tagline-nya Bea Cukai.

Pait banget emang ya kalau udah Tuhan yang negur 😦 kayak ga tanggung-tanggung. Tapi langsung bikin nyesel dan tobat ga mau ngulangin lagi. Aamiin! Baca lebih lanjut

Mengenal Warna Lewat Buku

cb73e69def62054242816e76f5aa2a72--reading-quotes-reading-books

pinterest

Assalamu’alaikum

Semenjak umur 1,5 tahun saya dan Aya udah sering main dengan coloring tools biar dia paham warna. Tapi sampai sekarang usaha saya belum berhasil. Meski Aya udah lancar nyebutin nama-nama warna, dia belum bisa nyocokin nama dan warna suatu benda.

Nah, biar kemampuannya meningkat, kami baca buku Bella dan Balon Merah dari Rabbit Hole. Sebenarnya buku ini buku permainan buat anak umur 3 tahun ke atas karena ada praktik menggunting, menempel, dan menghubungkan gambar, tapi untuk Aya saya hanya bacakan cerita (yang kebanyakan dikarang) dan nyebutin warna balon-balon di buku tersebut. Mayan lah yaaaa, selain terhibur banget karena ceritanya juga bagus dan Aya senang balon, dia juga jadi paham bedanya warna, seperti merah sama kuning, dan lainnya.

Assalamu’alaikum

 

Buku Hmmm…

C35yKoNVcAAxuqm

@lorimeyermj

Assalamu’alaikum

Belum seminggu mendisiplinkan Aya baca buku, ternyata dia udah dapat chemistry-nya. Kemarin siang saat saya pulang tugas dari luar kota dan kami sampai di rumah, dia langsung ke rak buku. Aya ambil satu buku yang paling besar dan berat, yaitu buku Hmmm dari Rabbit Hole. Dia buka sendiri halaman-halamannya, tapi dari yang paling belakang. Buku ini adalah buku sentuh dan rasakan yang bercerita tentang beragam perasaan.

Aya senang banget nyentuh ilustrasi-ilustrasi perasaan yang ada. Seperti gumpalan awan kelabu dari kain berbulu yang menggambarkan perasaan sedih, atau manik-manik merah yang menggambarkan perasaan marah.

Buku ini sudah kami baca berkali-kali, jadi Aya lumayan hapal isinya, dan sudah mahir mempraktikan ekspresi muka atas perasaan yang berbeda-beda. Jadi kalau saya tanya, “Marah gimana, nak?” dia akan langsung pasang wajah keras dengan alis mengkerut, atau saat saya tunjukan gambar wajah orang sedih, dia akan langsung tau perasaan yang dimaksud.

Keren lah bukunya! Menurut saya buku Hmmm ini yang paling bagus dari seluruh buku Rabbit Hole (saat ini).

Assalamu’alaikum